Minggu, 29 Januari 2012

setrika



S
etrika (dari bahasa Belanda: strijkijzer) adalah cara menghilangkan kerutan dari pakaian dengan alat yang dipanaskan. Alat yang biasanya digunakan untuk hal ini juga disebut "setrika". Biasanya pakaian yang baru dicuci harus disetrika agar kembali mulus. Hal ini terjadi karena ketika molekul-molekul polimer dalam serat pakaian dipanaskan, serat-serat tersebut diluruskan karena beban dari setrika. Setelah dingin, pakaian mempertahankan bentuk lurus ini. Beberapa bahan pakaian perlu diberi air untuk melonggarkan ikatan antar molekul. Saat ini terdapat banyak bahan pakaian dari polimer sintetis yang dipromosikan sebagai bahan yang tidak perlu disetrika.
Setrika kuno dibuat dari besi yang diisi arang membara. Saat ini setrika kebanyakan dibuat dari aluminium dan baja tahan karat, dengan sumber panas dari listrik. Di dalam setrika terdapat thermostat yang mengendalikan suhu. Selain itu beberapa setrika modern juga dapat mengubah air menjadi uap air untuk membasahi pakaian. Setrika panas yang sedang tidak digunakan harus diletakkan tegak lurus sehingga tidak membakar permukaan di bawahnya dan menyebabkan kebakaran. Selain itu terdapat juga setrika nirkabel yang dipanaskan di sebuah docking station, dan setrika portable yang bentuknya kecil untuk menyetrika dasi atau untuk dibawa bepergian. Selain Setrika diberi thermostat, ada juga thermofuse yang digunakan untuk pengaman yang fungsinya sama seperti sikring, namun pada suhu panas yang melewati batas toleransi thermofuse akan putus.

Prinsip Kerja:
Didalam setrika terdapat elemen kawat Nikelin yang akan memanas sampai merah bila dialiri listrik.
Kawat Nikelin ini terlindung/terbungkus oleh bahan isolasi tahan panas (Mika atau ceramic) sehingga tidak kontak dengan badan setrika.


Gambar Setrika Listrik:















Rangkaian Listrik:

Setrika Uap

          Tahun 1980, setrika arang masih marak digunakan. Terutama di perkampungan. Ketika itu, listrik masih terbatas.
Setrika arang terbuat dari tembaga dan bentuknya lebih kurang sama dengan bentuk strika modern yang ada saat ini, tetapi mempunyai ukuran agak besar dan tinggi. Terbagi atas 2 bagian, bagian atasnya dapat dibuka untuk menyimpan arang.
          Seiring dengan perkembangan jaman, mulailah perubahan dari arang ke listrik. Dari setrika listrik biasa berubah ke setrika listrik yang menggunakan uap air. Tentu saja perubahan yang ada memberikan hasil yang maksimal.
          Saat ini dengan perkembangan yang semakin pesat, setrika uap bukan hanya berfungsi sebagai setrika biasa tetapi juga bisa sebagai perawatan wajah.

Prinsip Kerja:

          Pada jenis setrika yang memakai air yg diubah menjadi steam/uap air, bagian elemen pemanas tadi berada didalam bahan besi/campuran alum, yg pada pinggirnya terdapat lubang-lubang untuk aliran steam/uap air (dari bawah dasar setrika akan tampak lubang-lubang ini). Ketika diperlukan uap air, maka katup air di tekan, air akan mengakir ke atas pemanas, kemudian berubah menjadi uap, kemudian uap akan keluar melalui lubang-lubang tersebut.








Gambar Setrika Uap:






Setrika Listrik Otomatis

Prinsip Kerja:

Setrika listrik memiliki elemen pemanas, elemen tersebut
berupa bahan konduktor yang memiliki hambat jenis yang cukup besar, bahan ini
akan menghasilkan kalor ketika dilewati arus listrik,sehingga suhunya meningkat. Elemen pemanas diletakkan diantara lapisan besi sebagai alas dan penutup setrika. Untuk menghindari kontak langsung antara elemen pemanas dengan bagian luar setrika, elemen pemanas biasanya diletakkan dalam isolator
listrik.isolator yang digunakan ada yang berwujud plastic tahan panas atau bahan keramik.
Setrika model baru,memiliki saklar yang dapat menutup dan
membuka secara otomatis, jika suhu setrika tinggi.saklar terbuka secara
otomatis.










Gambar Setrika Listrik Otomatis:

                         
x


Setrika Industri

Prinsip Kerja:
        Pada umumnya setrika jenis ini mampu menyetrika pakaian lebih banyak di bandingkan dengan setrika jenis lain, dikarenakan ukurannya yang jauh lebih besar dan mampui menyetrika lebih cepat. Setrika jenis ini digunakan oleh prabrik-pabrik pakaian.




Gambar Setrika Industri:


















Trouble Shooting Pada Setrika:



No.
Permasalahan
Penyebab
Solusi
1.
Setrika tidak bekerja dengan baik.
·        Tidak ada tegangan.
·        Kabel tusuk kontak rusak.
·        Elemen pemanas putus.
·        Termostat lepas kontak.
·        Periksa kabel penghubung kontak dan kontak-kontak.
·        Periksa kabelnya, jika rusak ganti baru.
·        Periksa ohm meter jika putus ganti.
·        Periksa thermostat jika rusak ganti baru.
2.
Badan setrika bertegangan.
·        Kabel penghubung rusak.
·        Isolasi elemen pemanas rusak
·        Periksa kabelnya, jika rusak ganti baru.
·        Periksa elemen pemanasnya. Tambal kerusakan isolasinya dengan gibs atau ganti baru.
3.
Pengatur panas tidak berfungsi.
·        Thermostat rusak.
·        Periksa thermostat jika rusak, ganti baru.


0 komentar:

Posting Komentar